Keluarga Besar Madrasah Silaturahim dan Ziarah Masyayikh

Pagi. Sekira pukul 10.00 WIB. Bus berbadan kuning di seberang jalan Madrasah mulai dipenuhi orang. Jok-jok bus mulai terisi oleh penumpang. Di tempat duduk paling depan, nampak Kepala Madrasah, Bapak H. Zainul Muntaha. Pak Kepala selanjutnya meraih mikrofon. Memberi pengumuman. Beliau Kemudian memohon kepada Ketua Pengurus Madrasah, Bapak KH. Ma’arif Iskandar Alhafiz untuk memimpin doa sebelum perjalanan. Dengan hikmat, hadirin yang berada di bus pun mengiringi pembacaan doa.

Foto di depan Majlis Habib
Ya. Orang-orang yang tengah siap memulai perjalanan itu tak lain adalah keluarga besar MI Ma’arif NU Klesman. Rabu pagi itu (1/10), satu rombongan keluarga Madrasah, terdiri dari komite, pengurus dan dewan guru, hendak pergi ke Solo untuk silaturahim Habib Syekh bin Abdul Qodir Assegaf, juga ziarah ke beberapa makam auliya dan masyayikh.

Sekira menempuh perjalanan dalam hitungan jam, rombongan tiba di Solo. Tempat pertama yang dikunjungi adalah kediaman Habib Syekh bin Abdul Qodir Assegaf. Kediaman Habib terletak tak berapa jauh dari jantung kota Solo, tepat di jalan Bengawan Solo. 
Majelis Sholawat Habib Syekh Yang Megah
Usai menunggu beberapa waktu, alhamdulillah rombongan pun dapat bertemu Habib. Di majelis sholawatnya yang megah, Habib Syekh menemui rombongan MI Ma’arif Klesman, juga rombongan dari daerah lain. Setelah beramah tamah, Habib memberi kesempatan hadirin untuk bertanya tentang ilmu agama padanya.

Selepas Maghrib, rombongan Madrasah beranjak dari kediaman Habib Syekh. Dari sana, perjalanan diteruskan dengan ziarah ke makam Habib Anis bin Alwi. Dilanjutkan keluar dari kota Solo menuju Pesantren Tegalrejo Magelang, untuk berziarah ke makam masyayikh.

Sampai di Magelang sekira pukul 23.00 WIB, tak kurang satu jam, rombongan menunaikan shalat isya dan berziarah ke makam Masyayikh Tegalrejo. Rombongan baru tiba kembali di Wonosobo menjelang pukul dua dinihari. (JA)





Komentar