Urutan Pembelajaran Efektif

Siswa-Siswi MI Ma'arif NU Klesman latihan berdisplin
Pembelajaran efektif setidaknya tersusun dari 3 bagian :Pendahuluan, inti, penutup. Tulisan singkat ini hendak mendedah komposisi 3 bagian tersebut.

Pendahuluan sering disebut pembukaan. Letaknya, di awal pelajaran. Sebelum masuk materi, guru melakukan pendahuluan. Isi kegiatan ini diantaranya memberi salam, menyiapkan siswa untuk belajar (apersepsi), mengaitkan dengan pengetahuan sebelumnya, hingga menjelaskan kompetensi pembelajaran.

Dari pendahuluan, guru beranjak ke inti. Ada 3 garis besar kegiatan inti. Pertama eksplorasi, kedua elaborasi, dan ketiga konfirmasi.

Eksplorasi memberi kesempatan peserta didik untuk mencari, sekaligus berinteraksi dengan sumber belajar. Disini, peserta didik menggali dan menimba ilmu dari sumber pengetahuan. Mereka berkenalan, bercakap dengan ilmu baru.

Setelah eksplorasi dirasa cukup. Guru mengajak peserta didik melakukanelaborasi. Yakni, memanen hasil kegiatan eksplorasi sebelumnya. Hasil panennya berupa : gagasan baru, memunculkan pikiran baru, analisa, hingga mewujudkan gagasan dan idenya tanpa rasa takut.

Sampai pada bagian terakhir kegiatan inti, konfirmasi. Isinya adalah umpan balik positif guru terhadap gagasan siswa. Presentasi karya, refleksi, pemecahan masalah, hingga motivasi.

Akhirnya, usai tahapan demi tahapan pembelajaran berlalu. Guru menutup pembelajaran. Kegiatan penutup dapat berbentuk penulisan rangkuman atau kesimpulan, penilaian, rencana tindak lanjut, persiapan pembelajaran. Paling akhir, guru memberi salam.



Bahan bacaan tulisan ini : Presentasi Pelatihan Pembelajaran Aktif, Dr Syamsurizal, Univ. Jambi 14 s/d 17 Nopember 2011

Komentar