4 Macam Keterampilan Membaca


4 macam keterampilan membaca

1. Prediksi

2. Kosa kata dan tanda baca

3. Pemahamahan Isi

4. Membuat rangkuman


Beberapa dasar mengembangkan keterampilan :

1. Keterampilan prediksi

Point penting : kemampuan prediksi perlu dikembangkan. Kemampuan prediksi yang baik memudahkan pemahaman isi bacaan.

Contoh urutan kegiatan Guru (MB)

- Membuka kelas

- Instruksi & kontrak belajar

- Instruksi untuk berkumpul, membentuk barisan

- Kontrak belajar : harus tenang, tunjuk tangan jika hendak menjawab dll

- Guru membaca, anak diam

- Guru bertanya, anak menjawab (tunjuk tangan dan ditunjuk guru)

- Meminta siswa bercerita berpasangan ( sesuai tema besar buku yang dibaca Guru)

- Mengumpulkan pendapat siswa usai cerita berpasangan

- Mengajak siswa melakukan prediksi berdasar gambar ( latar, waktu, tokoh, jalan cerita dll)

- Melakukan prediksi berdasar pengalaman keseharian siswa

- Membaca bersama

- Menutup kelas



2. Keterampilan Kosa Kata dan Tanda baca

Point : Tanda baca mempengaruhi cara baca. Gunakan trik ‘jendela’ kata.

Contoh urutan kegiatan (MB)

- Membuka kelas

- Instruksi & kontrak belajar

- Meminta siswa mereview cerita sebelumnya (jika kemarin buku belum selesai dibaca)

- Siswa menebak kata, di kata yang sudah ditutup ‘jendela’

- Siswa diarahkan menebak berdasar gambar disamping tulisan

- Beri apersiasi siswa yang menebak benar ( tepuk tangan dll)

- Guru memberi contoh cara membaca ketika ada tanda baca, semisal, titik, koma, tanda seru, kata tanya dsb.


3. Keterampilan Memahami bacaan

Point : Kosa kata sulit dicarikan padanan kata. Membantu pemahaman dengan pertanyaan yang dikaitkan dengan keseharian anak.

Contoh urutan kegiatan (MB)

- Pembuka

- Meminta anak menceritakan cerita sebelumnya

- Anak membaca bersama

- Anak memperagakan adegan di buku dengan percakapan

- Penekanan penggunaan tanda baca. Titik berhenti, tanda seru meninggi, tanda tanya menurun, dsb.

- Anak terus diajak memprediksi

- Memberi apresiasi bagi yang berani berpendapat



4. Keterampilan Merangkum Bacaan

Point : Gunakan kata tanya ( 5 W + 1 H) untuk merangkum. Why, Who, Where, When, Why + How. Merangkum dilakukan tiap lembar.

Contoh urutan kegiatan (MB)

- Pembuka

- Guru menempel kertas berisi kata tanya dipapan tulis

- Guru memberi contoh merangkum

- Memberi kesempatan anak berdiskusi

- Anak menulis hasil diskusi di papan tulis

- Latihan merangkai hasil rangkuman menjadi kalimat yang baik

Komentar