4 macam keterampilan membaca
1. Prediksi
2. Kosa kata dan tanda baca
3. Pemahamahan Isi
4. Membuat rangkuman
Beberapa dasar mengembangkan keterampilan :
1. Keterampilan prediksi
Point penting : kemampuan prediksi perlu dikembangkan. Kemampuan prediksi yang baik memudahkan pemahaman isi bacaan.
Contoh urutan kegiatan Guru (MB)
- Membuka kelas
- Instruksi & kontrak belajar
- Instruksi untuk berkumpul, membentuk barisan
- Kontrak belajar : harus tenang, tunjuk tangan jika hendak menjawab dll
- Guru membaca, anak diam
- Guru bertanya, anak menjawab (tunjuk tangan dan ditunjuk guru)
- Meminta siswa bercerita berpasangan ( sesuai tema besar buku yang dibaca Guru)
- Mengumpulkan pendapat siswa usai cerita berpasangan
- Mengajak siswa melakukan prediksi berdasar gambar ( latar, waktu, tokoh, jalan cerita dll)
- Melakukan prediksi berdasar pengalaman keseharian siswa
- Membaca bersama
- Menutup kelas
2. Keterampilan Kosa Kata dan Tanda baca
Point : Tanda baca mempengaruhi cara baca. Gunakan trik ‘jendela’ kata.
Contoh urutan kegiatan (MB)
- Membuka kelas
- Instruksi & kontrak belajar
- Meminta siswa mereview cerita sebelumnya (jika kemarin buku belum selesai dibaca)
- Siswa menebak kata, di kata yang sudah ditutup ‘jendela’
- Siswa diarahkan menebak berdasar gambar disamping tulisan
- Beri apersiasi siswa yang menebak benar ( tepuk tangan dll)
- Guru memberi contoh cara membaca ketika ada tanda baca, semisal, titik, koma, tanda seru, kata tanya dsb.
3. Keterampilan Memahami bacaan
Point : Kosa kata sulit dicarikan padanan kata. Membantu pemahaman dengan pertanyaan yang dikaitkan dengan keseharian anak.
Contoh urutan kegiatan (MB)
- Pembuka
- Meminta anak menceritakan cerita sebelumnya
- Anak membaca bersama
- Anak memperagakan adegan di buku dengan percakapan
- Penekanan penggunaan tanda baca. Titik berhenti, tanda seru meninggi, tanda tanya menurun, dsb.
- Anak terus diajak memprediksi
- Memberi apresiasi bagi yang berani berpendapat
4. Keterampilan Merangkum Bacaan
Point : Gunakan kata tanya ( 5 W + 1 H) untuk merangkum. Why, Who, Where, When, Why + How. Merangkum dilakukan tiap lembar.
Contoh urutan kegiatan (MB)
- Pembuka
- Guru menempel kertas berisi kata tanya dipapan tulis
- Guru memberi contoh merangkum
- Memberi kesempatan anak berdiskusi
- Anak menulis hasil diskusi di papan tulis
- Latihan merangkai hasil rangkuman menjadi kalimat yang baik
Komentar
Posting Komentar